Social media marketing sudah bukan hal asing bagi sebagian Anda. Promosi produk melalui platform media sosial ini dianggap cukup efektif menjangkau calon pelanggan dengan mudah.
Namun, apakah Anda sudah melakukannya dengan benar? Atau, apakah Anda menggunakan satu platform saja dan ternyata belum mendapatkan hasil maksimal?
Apa itu Social Media
Marketing?
Sesuai namanya,
social media marketing adalah pemanfaatan platform media sosial untuk
mempromosikan produk.
Pada
prakteknya, upaya social marketing sering digunakan bersamaan dengan upaya
digital marketing lainnya. Contohnya, penggunaan blog, email dan lainnya.
Karena platform
media sosial cukup banyak, pemilihan platform yang tepat sesuai bisnis Anda merupakan
salah satu kunci kesuksesan strategi pemasaran ini.
Memulai Social Media
Marketing dengan Data
Sebelum masuk
ke berbagai strategi social media marketing, ada baiknya Anda melakukan riset
untuk mendukung upaya Anda. Mulailah dengan potensi media sosial di
Indonesia.
Data dari WeAreSocial, 160 juta orang Indonesia adalah pengguna media sosial aktif.
Dari jumlah tersebut, pengguna terbanyak adalah usia 25-24 tahun.
Ini tentu menjadi informasi penting bagi Anda yang menyasar target pasar usia
tertentu.
Saat ini, Facebook masih
menjadi platform media sosial yang paling populer. Dan, Whatsapp merupakan
aplikasi berkirim pesan yang umum digunakan. Dengan mengetahui data ini, Anda
bisa menerapkan upaya yang sesuai dengan strategi bisnis Anda.
Selain itu,
perlu diingat bahwa 99% akses media sosial tersebut
dilakukan melalui perangkat mobile. Jadi, sesuaikan konten promosi Anda agar
mobile friendly.
Strategi Social
Media Marketing yang Efektif
Berikut ini
adalah beberapa strategi social media marketing yang bisa Anda lakukan:
1.
Menggunakan Instagram Marketing
Potensi
Instagram untuk promosi produk tidak dapat diragukan. 80% pengguna mengaku
postingan di Instagram mempengaruhi buying decision mereka.
Nah, untuk memastikan social media marketing Anda berhasil, ada beberapa
strategi penting saat menggunakan Instagram. Yang utama, segera beralih ke akun
profesional atau Instagram bisnis. Kemudian, optimasi profil bisnis Anda.
Jika dua langkah di atas sudah dilakukan, lanjutkan dengan menciptakan konten
kreatif dan hashtag unik.
2.
Berbagai Instagram Tools Terbaik untuk Promosi Bisnis
Jika Anda yakin
bahwa Instagram adalah platform terbaik untuk promosi bisnis Anda, lakukanlah
upaya yang lebih agresif. Caranya, memanfaatkan Instagram tools.
Instagram tools akan membantu upaya social media marketing Anda lebih mudah,
baik dari sisi pembuatan konten, pelaksanaan promosi hingga analisa data.
Beberapa tools yang bisa Anda manfaatkan adalah Snapseed untuk photo editing
dan Later untuk penjadwalan posting konten.
3.
Memanfaatkan Instagram Ads
Untuk
melengkapi upaya Instagram marketing Anda, memasang iklan di platform tersebut
juga merupakan ide yang cukup baik.
Karena iklan
terkait dengan penggunaan anggaran, pastikan iklan Anda efektif untuk
menjangkau pelanggan. Jadi, bisa memberi Anda return of investment
(ROI) alias balik modal.
Untuk membuat
iklan di Instagram, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, tentukan
audiens dengan tepat. Lalu, pilih format iklan yang sesuai dengan produk Anda.
Yang tak kalah penting, buat teks copywriting yang menarik.
4.
Menggunakan Facebook Marketing
Dengan
banyaknya pengguna Facebook di Indonesia, Facebook marketing tentu menjadi
upaya social media marketing wajib untuk bisnis Anda. Jika belum dilakukan,
sekarang-lah saatnya.
Ada
berbagai strategi yang bisa Anda gunakan dalam pemasaran dengan Facebook. Mulai
dari menciptakan konten menarik, menentukan budget dan menganalisa upaya yang
dilakukan. Jangan
lupa untuk menggunakan tools Facebook marketing yang tersedia. Contohnya, DrumUp dan SocialOomph.
5. Memanfaatkan Facebook Ads untuk Hasil Lebih
Optimal
Jika Anda
memiliki budget khusus, menggunakan Facebook Ads bisa menjadi pilihan menarik.
Sebab, Anda akan lebih mudah menarget audiens yang lebih spesifik dengan cepat.
Berkat
kemampuan Facebook mempelajari kebiasaan pengguna, Anda akan terbantu dalam
menciptakan program promosi yang tepat sasaran.
Cara membuat Facebook Ads hampir sama dengan Instagram. Langkahnya mulai dari
memilih jenis iklan, menentukan audiens dan mengatur penjadwalan tayang iklan.
6.
Menggunakan Twitter Marketing
Apabila
strategi social media marketing Anda fokus pada brand visibility, Twitter bisa
menjadi platform pilihan. Faktanya, 80% pengguna melakukan
mention brand dalam tweet mereka. Dan, lebih dari 50% brand mention tersebut
berakhir dengan pembelian produk.
Nah, untuk
menangkap peluang tersebut, Anda perlu menerapkan strategi Twitter marketing
yang tepat. Pertama, optimalkan profil twitter bisnis Anda. Jangan lupa selalu
sertakan hashtag pada setiap kampanye promosi produk.
7. Memaksimalkan
User-generated Content
User-generated
content adalah postingan konsumen yang merekomendasikan produk Anda di akun
pribadi mereka.
Memanfaatkan
user-generated content bisa menjadi strategi social media marketing yang jitu.
Sebab, tingkat kepercayaan konsumen pada rekomendasi orang lain cukup tinggi,
mencapai 92%.
Salah satu cara
menggenjot user-generated content adalah membuat kontes atau giveaway dengan
hashtag tertentu dan meminta follower melakukan mention.
8. Meningkatkan
Penjualan dengan Retargeting
Retargeting
adalah upaya mendekati kembali konsumen yang sebelumnya pernah membeli produk
atau sekedar berkunjung ke website Anda. Tujuannya, melakukan penawaran sesuai
jenis produk yang mereka lihat..
Salah satu cara yang paling populer adalah Facebook Retargeting Ads menggunakan Pixel.
9.
Menggunakan Plugin Social Media Terbaik untuk Website
Masih
menjalankan promosi melalui website dan media sosial secara terpisah? Pikirkan
lagi. Karena dengan plugin social media WordPress, Anda bisa melakukannya
secara terintegrasi dengan mudah.
Banyak plugin
WordPress untuk social media marketing. Baik untuk tujuan sharing, profiling
hingga melakukan auto publish konten.
Manakah Strategi Social
Media Marketing untuk Bisnis Anda?
Cukup banyak
strategi social media marketing yang bisa Anda gunakan. Sebagai langkah awal,
pastikan Anda sudah mengenali target audience Anda dengan baik.
Beberapa
platform media sosial menawarkan upaya pemasaran secara gratis maupun berbayar.
Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran Anda.
Jika sudah
menentukan pilihan, segera lakukan upaya social media marketing Anda dengan
lebih optimal. Semoga sukses selalu!
Sumber : https://www.niagahoster.co.id/blog/social-media-marketing/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar